8 Tahun Terus Merugi, Erick Thohir Sebut PT KS Untung Rp800 Miliar

 


Batamramah.com, Setelah delapan tahun terakhir terus merugi, PT Krakatau Steel (KS) tahun ini akhirnya mendapatkan keuntungan hinga Rp800 miliar.


Hal tersebut diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat menghadiri peresmian HSM 2 PT Krakatau Steel, Selasa (21/9/2021).


"Sekarang ini PT Krakatau Steel yang performennya rugi selama delapan tahun terakhir, sekarang sudah untung Rp800 miliar," kata Erick Thohir saat memeberikan sambutan.


Kata Erick Thohir, keberhasilan PT KS tidak terlepas dari upaya transformasi dan restrukturisasi BUMN termasuk PT Krakatau Steel sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk perbaikan kinerja BUMN.


Ia memaparkan, ada tiga tahapan restrukturisasi yang harus dilakukan oleh PT Krakatau Steel, tahap satu dan tahap dua sudah berhasil dijalankan dengan baik.


"Namun saya minta pihak manajemen PT KS jangan berpuas diri, karena ini penting bagaimana agar terus berupaya meningkatkan performen daripada PT Krakatau Steel ini," kata Erick Thohir dihadapan presiden Joko Widodo dan sejumlah kabinet Indonesia Maju.


Erick Thohir juga mengapresiasi atas keberhasilan pihak manajemen PT KS yang selama ini terus berupaya memperbaiki performen PT KS yang tadinya terus merugi menjadi untung.


Dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN juga menyampaikan upaya-upaya dan keberhasilan dalam proses transformasi dan rentrukturisasi BUMN yang dilakukan Kementerian BUMN meskipun ditengah pandemi COVID-19, dalam upaya meningkatkan akuntabilitas, profesionalisme serta peningkatan daya saing dan meningkatkan pelayanan publik.


"Tahun 2020 kami memberikan keuntungan Rp375 triliun untuk negara dan secara bertahap akan terus kita tingkatkan," kata Erick Tohir.



Diantara upaya transformasi dan retstrukturisasi BUMN tersebut, kata Erick, penggabungan tiga bank himbara menjadi Bank Syarian Indonesia (BSI) sebagai alternatif keuangan syariah, kemudian pembentukan holding di PT Pertamina, dan upaya lainnya termasuk keberhasilan restrukturisasi PTPN yang keuntungannya semakin meningkat, termasuk juga di PT Krakatau Steel.


Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik baja yang merupakan pengembangan PT Krakatau Steel (KS) yakni Hot Strip Mill (HSM) 2 di Kawasan Industri PT Krakatau Steel di Cilegon.


Sebelum meresmikan pabrik tersebut, Presiden Joko Widodo didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, Menko Investasi dan Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Mensesneg Pratikno.


Turut mendampingi juga Gubernur Banten Wahidin Halim, Dirut PT KS Silmy Karim, meninjau lokasi parbrik baja baru yang akan memproduksi Hot Rolled Coil (HRC) sebanyak 1,5 juta ton per tahun dan nilai investasi Rp7,5 triliun di kawasan pabrik seluas 25 hektare tersebut.


Peresmian pabrik HSM 2 PT Karakatau Steel oleh Presiden Joko Widodo ditandai dengan penekanan tombol oleh presiden bersama Ketua DPR Puan Maharani, dilanjutkan dengan penandatangan prasasti peresmian pabrik tersebut oleh Presiden Joko Widodo.


(dekk)


sumber: suara.com

Lebih baru Lebih lama