Kepri Vacation Expo 2021 Membawa Berkah Bagi Pelaku UMKM Di Batam

 


Batamramah.com - Pagelaran Kepri Vacation Expo 2021 yang digelar selama 9 hari, di Mall Botania 2 akhirnya  membawa berkah bagi pelaku UMKM ditengah pandemi Covid-19 saat ini. 


Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Cakra Bramasta, Surya Wijaya selaku penyelenggara Expo, yang dilaksanakan selama 9 hari terhitung sejak tanggal 30 Oktober hingga 7 November 2021 membawa dampak yang sangat tinggi, khususnya bagi para pelaku pariwisata dan UMKM.


Surya mengatakan, Saat ini pariwisata di Kepri sudah bisa disinggahi, dengan adanya kegiatan Kepri Vacation Expo 2021 ini dapat menjadi  gerakan awal oleh pelaku pariwisata.


"Saatnya pariwisata di Kepri sudah bisa disinggahi, banyak hal yang kita lalui dan Kepri Vacation Expo 2021 hanyalah menjadi pemantik atau gerakan awal oleh pelaku pariwisata," ujar Surya, Minggu (7/11/2021).



Ia juga mengatakan, Kepri Vacation Expo yang digelar selama 9 hari lamanya ternyata sangat membawa keuntungan yang besar bagi UMKM ditengah pandemi Covid-19 saat ini. 


"Kita melibatkan pelaku UMKM dengan menggelar bazar dan dari hasil kegiatan, event kita ini dari penjualan di UMKM yang berlangsung dari 29-31 Oktober sebanyak 54 stand dengan total penjualan Rp 185 juta, ini angkanya cukup besar,"ujarnya.


Sementara untuk Expo nya sendiri memang membawa keuntungan bagi pelaku usaha hotel, dari hasil event ini hotel CK Tanjungpinang mampu melakukan transaksi sekitar Rp 39 juta, dan masih banyak lagi hotel yang memperoleh keuntungan digelar nya event tersebut


"Untuk total semuanya selama kegiatan event berlangsung mencapai Rp 376 juta, ini memang hasilnya belum signifikan nilai transaksinya, tapi menjadi pemicu bahwa pariwisata Kepri kita sudah siap dan harapan kita event ini dilaksanakan dapat memberikan manfaat dan rasa percaya diri bagi pelaku pariwisata," jelas Surya.


Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar turut mengapresiasi event yang cukup sukses di akhir tahun 2021 ini.


"Ini adalah awal mula yang sangat baik, pastinya banyak masyarakat yang mengeluh bagaimana caranya agar mall kembali normal tentunya dengan pembatasan," ungkap Buralimar.


" Alhamdulillah dengan dukungan semua pihak saat ini bisa melaksanakan kegiatan Expo ini dan luar biasa sekali ramainya," sambung Buralimar.


Ia juga menyinggung sebanyak 25 asosiasi siap mendukung pelaksanaan wisata Kepri bangkit dan mereka sudah diajak membuat beberapa event minimal satu asosiasi satu event.


"Mudah-mudahan dari asosiasi bisa membuat event - event yang unik agar pariwisata Kepri bangkit kembali," tutur Buralimar.(Rin)

Lebih baru Lebih lama