Panglima TNI Akan Kunjungi Papua Pekan Depan

 


Batamramah.com, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan dirinya akan segera mengunjungi Papua. Kunjungan itu direncanakan Andika terlaksana paling lambat pada pekan depan.


Hal tersebut disampaikan Andika saat mengunjungi rumah dinas Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti di Kuningan, Jakarta Selatan.


"Sesuai dengan janji saya, paling lambat nanti setelah saya tiba di Papua minggu depan. Tapi yang jelas saya sudah menyiapkan dan saya pasti akan menjelaskan, paling lambat minggu depan," kata Andika, Rabu (24/11/2021).


Semantara itu dalam pertemuan dengan Ketua DPD, Andika mengatakan tidak ada pembahasan khusus terkait permasalahan Papua.


"Tidak ada, tidak ada sama sekali," ujar Andika.


Sebelumnya, Andika melakukan sowan ke Wakil Presiden Maruf Amin di kediaman dinasnya, Jakarta Pusat, Rabu. Dalam pertemuan, Maruf meminta Andika untuk terus memantau perkembangan nasional termasuk keamanan di Papua.


Juru bicara Maruf, Masduki Baidlowi mengatakan bahwa pertemuan kedua belah kerap dilakukan bahkan sejak Andika masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).


"Ketika menjadi KSAD pak Andika selalu melapor perkembangan internal di TNI AD," kata Masduki dalam sebuah video yang dikutip Suara.com.


Sementara pertemuan kali ini menjadi perdana bagi Andika dengan jabatan anyarnya sebagai Panglima TNI. Kepada Andika, Maruf ingin melihat tanggung jawabnya terkait pengamanan di Papua.


Faktor keamanan di Papua menjadi penting bagi Maruf selaku Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Terpadu Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.


"Karena wapres memiliki tanggung jawab bagaimana menyejahterakan Papua, sementara yang kita tahu panglima TNI punya tanggung jawab bagaimana supaya Papua aman," ujarnya.


Karena itu, pembahasan kedua belah pihak menjadi mengerucut menjadi perihal landasan pengamanan di Papua. Kepada Maruf, Andika menyampaikan terkait kebijakannya untuk membuat suasana baru dalam menjaga keamanan di Papua.


Kata Masduki, Maruf begitu senang mendengarkan laporan yang disampaikan Andika. Terlebih Maruf juga masih memiliki tugas dalam hal kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat.


"Supaya di tahun 2022 nanti proses pembangunan kesejahteraan Papua bisa lebih intesif dan nampak, dirasakan kesejahteraannya sehingga harus berjalan seiring pendekatan keamanan humanis dengan pendekatan kesejahteraan."


(dekk)


sumber: suara.com

Lebih baru Lebih lama