Prabowo dan Ganjar Cuma Beda Koma

 


Batamramah.com, Hasil survei terbaru Voxpopuli Research Center menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto menempati urutan teratas sebagai calon presiden (capres). Prabowo unggul dengan 19,3 persen, beda tipis dari Ganjar Pranowo dengan eletabilitas 19,1 persen.


Survei dilakukan pada 1-10 Desember 2021 melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Margin of error survei plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


"Persaingan ketat memperebutkan peringkat pertama dalam bursa calon presiden terjadi antara Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo," kata Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi di Jakarta, Jumat (17/12/2021).


Achmad mengungkap besar peluang Ganjar menyalip Prabowo. Sebab dari grafik, dukungan terhadap Prabowo cenderung tidak bergeser.


"Tren dukungan terhadap Prabowo cenderung stabil, sedangkan Ganjar berpeluang meningkatkan elektabilitasnya,” kata Achmad.


Di posisi ketiga ditempati Anies Baswedan. Hasil survei memotret elektabilitas Anies sebesar 10,8 persen, disusul Ridwan Kamil dengan 10,0 persen dan Sandiaga Uno 7,2 persen.


Hasil survei juga menunjukkan Tri Rismaharini mendapat elektabilitas 5,0 persen, Erick Thohir 4,6 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 4,0 persen. 


Kemudian Khofifah Indar Parawansa 2,7 persen dan Giring Ganesha 2,5 persen. Sementara di papan bawah ada nama Puan Maharani dengan 1,5 persen, Mahfud MD 1,1 persen dan Airlangga Hartarto 1,0 persen.


Nama-nama lainnya masih di bawah satu persen, sedangkan sisanya tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 10,16 persen. 


"Meskipun berada di papan bawah, Puan dan Airlangga merepresentasikan dua partai politik besar yaitu PDIP dan Golkar," tukas Achmad.


(dekk)


sumber: akurat.co

Lebih baru Lebih lama