Prabowo Anggap Jepang Salah Satu Panutan Teknologi Militer Dunia

 



BATAMRAMAH.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menganggap Jepang menjadi salah satu panutan teknologi militer dunia.


Hal itu disampaikan Prabowo saat menerima kunjungan Wakil Menhan Jepang Iwamoto Tsuyohito di Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Selasa (19/7/2022).


“Kami menganggap Jepang sebagai salah satu panutan teknologi militer dunia, sehingga kami perlu belajar dari pengalaman Jepang,” kata Prabowo, dikutip dari siaran pers Biro Humas Setjen Kemenhan, Rabu (20/7/2022).


“Dan memutuskan untuk berkolaborasi dalam pengembangan dan transfer teknologi alutsista (alat utama sistem persenjataan),” ujar Prabowo.


Dalam kesempatan ini, Prabowo menyampaikan bahwa melalui modernisasi alutsista dan penguasaan lompatan teknologi militer terkini, Indonesia bertekad menjadi negara yang mampu memenuhi kebutuhan alutsista sendiri di masa depan.


Menurut dia, kebijakan jangka panjang ini membutuhkan tahapan implementasi yang harus terencana dengan baik.


Langkah ini pun diharapkan akan berdampak pada kemandirian industri pertahanan nasional ke depan guna mengurangi ketergantungan terhadap alutsista impor.


“Kami optimistis kerja sama alih teknologi akan berjalan sesuai rencana dan menghasilkan produk alutsista yang berkualitas di masa mendatang,” ujar Prabowo.


Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Iwamoto dan delegasi yang telah berperan aktif dalam memperkokoh hubungan bilateral kedua negara.


Prabowo berharap, ke depan akan ada inisiatif serta langkah-langkah baru keberlanjutan untuk kerja sama pertahanan yang saling menguntungkan.


Sumber: Kompas.com

Lebih baru Lebih lama