BatamRamah.com Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pendaftaran Dibuka Hingga 25 Juli, Ini Aturan Main Turnamen Catur Rosano Cup 1




BATAMRAMAH.COM, BATAM - Team R selaku panitia turnamen Catur Rosano Cup 1 tahun 2022 menggandeng Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Batam sebagai bagian dari pertandingan, khususnya sebagai wasit yang akan mengatur lalu lintas pertandingan.


Sekretaris Percasi Kota Batam, Nurdin Simanjuntak mengaku senang dan bangga bisa terlibat dalam kepanitiaan Turnamen Catur Rosano Cup 1, khususnya sebagai wasit yang akan mengatur jalannya pertandingan.


Meski menurutnya turnamen ini non gelar, namun pertandingan sebisa mungkin harus mengacu pada aturan Percasi. Karenanya, sebelum pertandingan dibuka secara resmi akan dilakukan Technical Meeting (TM).


"Selain silaturahmi, turnamen Catur Rosano Cup 1 ini juga diharapkan jadi ajang pencarian bakat, karenanya kita tetap mengacu aturan catur yang biasa," ungkap atlet Catur Kepri ini.


Dimana lanjutnya, pertandingan ini menggunakan Sistem Swiss manager 6 babak, sehingga penentuan juara dilakukan melalui:

1. Match point atau poin tertinggi,

2. Head to head adalah hasil ketika berhadapan,

3. Buchholz/solkoff adalah jumlah poin lawan lawan yang pernah dihadapi,

4. Sonneborn-berger adalah jumlah poin dari lawan lawan yang pernah dikalahkan ditambah setengah dari poin tiap lawan yang ditahan remis,

5. Progressive scor yakni jumlah nilai perorangan seluruh babak.


"Sistem Swiss, tidak ada sistem gugur tetapi setiap pemain berupaya mengumpulkan poin tertinggi untuk menjadi juara," terangnya.


Dijelaskan, bahwa pemain yang menang di setiap babak akan memperoleh poin 1, kemudian pemain yang remis atau seri akan memperoleh poin 1/2 dan pemain yang kalah tidak memperoleh poin.


Dan setiap babaknya, lanjut penyandang master ini, akan menggunakan waktu satu jam. Sehingga pemenang pertandingan tidak hanya ditentukan oleh kepiawaian bermain catur, tetapi juga bagaimana menggunakan waktu 60 menit yang disiapkan.


Terpisah, Ketua panitia turnamen Catur Rosano Cup 1, Aldy Braga mengaku optimis turnamen ini bisa terlaksana secara baik, terlebih seluruh panitia bersama Percasi Batam terus bergandeng tangan mempersiapkan pertandingan.


Disampaikan bahwa peserta dari pertandingan ini adalah perwakilan dari media, LSM, Ormas, OKP dan paguyuban yang ada di Kota Batam yang sudah mendaftarkan dirinya dari tanggal 15-25 Juli mendatang, dengan syarat mutlak memiliki KTP Batam, bukan atlet dan tidak pernah menjuarai open turnamen.


"Syarat mutlaknya mengantongi KTP Batam, bukan atlet dan belum pernah menjuarai open turnamen, dan syarat ini nanti akan diverifikasi oleh panitia bersama wasit," ungkapnya.


"Ayo daftarkan diri anda, karena ada belasan juta rupiah hadiah yang disiapkan oleh panitia," pungkasnya.


Untuk pendaftaran bisa menghubungi panitia di 085279011506 (braga) dan 085363335477 (amir) di jam kerja. (r/ays)

www.BatamRamah.com/