Prabowo dan Cak Imin Akan ke KPU Bareng untuk Daftarkan Partai Ikut Pemilu




 BATAMRAMAH.COM, JAKARTA - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal mendaftar sebagai calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (8/8/2022) besok. 


Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dijadwalkan hadir bersama di Kantor KPU.


"Iya (datang bersama), tentu untuk daftar jadi peserta pemilu," ujar Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada Kompas.com, Minggu (7/8/2022).


Dasco menegaskan, kehadiran Prabowo dan Muhaimin Iskandar secara langsung untuk mendaftar sebagai peserta pemilu merupakan bentuk keseriusan dua partai politik itu dalam menjalin koalisi.


Kehadiran dua pimpinan partai secara bersama-sama itu juga sebagai bentuk keseriusan bekerja sama menghadapi pemilu yang akan datang.


"Kalau dibilang serius koalisi ya serius, masa enggak serius," ucap Wakil Ketua DPR itu.


Saat ini, ada 14 partai yang mendaftar sebagai partai peserta pemilu. Sesuai jadwal tahapan, KPU membuka kegiatan pendaftaran parpol pada 1 hingga 14 Agustus 2022.


Dari jumlah tersebut, ada 9 parpol yang berkas pendaftarannya dinyatakan lengkap, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Keadilan Persatuan (PKP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Bulan Bindang (PBB).


Kemudian, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), dan Partai Demokrat.


Adapun empat partai lainnya, yakni Partai Reformasi, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai) dan Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI) belum melengkapi dokumen pendaftaran.


Sementara itu, Partai Gelora baru mendaftarkan diri hari ini dan berkasnya masih dalam tahap pemeriksaan.


Sumber: Kompas.com

Lebih baru Lebih lama