Harga BBM Mendadak Naik, Warga Kocar-Kacir ke SPBU demi Isi Bensin Murah

 



BATAMRAMAH.COM, JAKARTA - Pemerintah secara tiba-tiba menaikan harga tiga jenis bahan bakar minyak (BBM) pada Sabtu (3/9/2022) siang.


Kenaikan harga BBM diumumkan sekitar pukul 13.30 WIB, dan keputusan tersebut efektif di hari yang sama satu jam diumumkan, tepatnya pada pukul 14.30 WIB.


Pengumuman itu membuat warga kocar-cir dan segera menarik gas kendaraan bermotornya menuju Stasiun Pengisian Bakar (SPBU) terdekat.


Rifal (19) warga Cipayung, Depok, Jawa Barat, misalnya, mengaku kaget saat mendengar kabar kenaikan BBM itu. Pemuda yang sedang bersantai itu langsung memacu sepeda motornya ke SPBU.


"Lagi nongkrong, tiba-tiba dikasih tau kalau BBM naik. Langsung ngebut ke sini (SPBU). Di jalan macet, nyampe sini baru jam 14.20 WIB, tapi antrean panjang," kata Rifal saat ditemui di SPBU Pertamina di Jalan Raya Cipayung, Cipayung , Depok, Sabtu.


Turut bergabung dalam antrean sepeda motor di baris pertalite, Rifal mengaku cukup panik.


Ia khawatir, 10 menit waktu yang tersisa, tidak cukup untuk mencapai giliran mengisi bensin.


"Ternyata benar saja, baru nyampe depan pas jam 14.48 WIB. Akhirnya isi bensi harga mahal. Pahit, kak," ujar Rifal.


Kepanikan sepanjang mengantre juga dirasakan Adit (19) warga Citayam. Kata dia, saat diumumkan bahwa harga telah berubah, sepeda motornya masih berada di Antrean yang cukup jauh.


"Tadi lagi di kontrakan dikasih tau teman kalau bensin mau naik. Taunya sekitar jam 14.00 WIB. Ngebut ke sini. Tapi antrean panjang, sepertinya orang-orang juga mau isi bensin murah," kata Adit sembari tertawa.


"Tadi pas setengah 3, masih jauh (antrean motornya). Rasanya tuh kaget pas tau harga naik. Mau putar balik juga udah terlanjur antre. Yaudah mau enggak mau isi bensin deh," kata Adit.


Adit yang berencana mengisi tangki kendaraannya hingga penuh langsung berubah pikiran saat waktu menunjukan pukul 14.30 WIB.


"Tadinya mau isi full, sekitar Rp 23.000 sampai Rp 25.000. Tapi karena enggak dapet, yaudah, mau enggak mau isi sedapatnya Rp 25.000. Jadi enggak penuh," keluh Adit sembari tersenyum pahit.


Tiga jenis BBM yang harganya naik meliputi pertalite, solar subsidi, dan pertamax nonsubsidi.


Rinciannya, pertalite naik dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter.


Lalu, solar naik dari Rp 5.150 per liter menjadi 6.800 per liter. Kemudian, pertamax naik dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter.


Presiden Joko Widodo mengatakan, anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat 3 kali lipat dari Rp 152,5 triliun menjadi Rp 502,4 triliun. Angka ini diperkirakan akan terus mengalami kenaikan,


Oleh karenanya, pemerintah memutuskan mengalihkan subsidi tersebut ke masyarakat yang kurang mampu melalui sejumlah bantuan sosial.


Sumber: Kompas.com

Lebih baru Lebih lama