PT TenarisHydril Batam Kucurkan CSR senilai Rp 539 juta untuk Bantu Pendidikan


 

Batamramah.com, Batam - PT TenarisHydril Batam menyerahkan bantuan beasiswa senilai Rp 539 juta untuk pendidikan kota Batam. Kegiatan ini merupakan program rutin tahunan, yang diberikan untuk para siswa dengan beberapa kriteria.

Program beasiswa Roberto Rocca tahun ini diserahkan kepada 108 siswa dari 9 sekolah terdiri dari 3 SMP, 3 SMA dan 3 SMK, dengan total nilai lebih dari Rp 306 juta.

Plant Senior Manager TenarisHydril Batam, Alfarisi mengatakan, program kali ini merupakan program ke-7 yang diadakan di Batam dan merupakan program ke-15 kalinya diadakan di Indonesia.

"Sejalan dengan ini, kami juga menyerahkan dana sejumlah Rp 232,5 juta untuk mendukung infrastruktur di SMKN 6 Batam. Program infrastruktur seperti ini merupakan yang ke-6 di Batam. 

Program beasiswa Roberto Rocca ini dilakukan selain di Batam juga di Cilegon dimana PT TenarisHydril beroperasi," ujar Alfarisi, di SMKN 6 Batam, Jumat (2/12/2022).

Alfarisi memaparkan, PT TenarisHydril merupakan salah satu perusahaan Multinasional, sebagai pemasok utama untuk pipa tabung dan layanan terkait industri energi dunia. Juga bergerak dalam distribusi dan engineering dibidang Migas, tersebar di 25 negara layanan servis dan komersial.

"Secara global, kami mengedepankan inovasi, untuk itu harus mendapatkan SDM yang berkualitas, secara korporat dunia pendidikan merupakan salah satu bagian penting dari SDM itu. Dimana perusahaan berdiri, disitu manfaat harus diterima oleh masyarakat sekitar," ungkap Alfarisi.


HR Director PT TenarisHydril Veronika Rosalia, mengatakan, program pendidikan beasiswa Roberto Rocca ini dipilih berdasarkan prestasi siswa dan siswa kurang mampu. Untuk saat ini program masih menyasar pada tingkatan SMA, SMK dan SMP.

"Kedepan kami akan mencoba melakukan kerjasama di universitas yang ada di Batam. Tetapi untuk saat ini, kami masih fokus pada tenaga skill berdasarkan tingkatan pendidikan S1 dan Diploma 3. Namun, bila perusahaan kami membutuhkan setingkat SMK atau SMA, kami juga akan mengambil dari Batam," terang Rosalia.

Sementara, Kepala Sekolah Abdul Mukti, menyampaikan, sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi SMKN 6 dan sekolah lain, atas bantuan dari PT TenarisHydril. Menurutnya, bantuan ini tidak hanya berpengaruh terhadap fisik sekolah dan siswa, lebih dari itu, juga sebagai dorongan secara moril dalam meningkatkan mutu pendidikan. 

"Semoga bisa di ikuti oleh perusahaan yang lain, tentunya perusahaan lain juga punya keinginan seperti PT TenarisHydril, akan tetapi belum mendapatkan kesempatan," ujar Mukti 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan, yang diwakili oleh Kacabdis kota Batam, Nur Muhammad, mengatakan, sistem pendidikan nasional merupakan tanggung jawab bersama. PT TenarisHydril telah memberikan manfaat bagi dunia pendidikan, hal ini sejalan dengan program Trilogi pembangunan. 

Dengan adanya program seperti ini, negara terbantu dan masyarakat bisa menikmati manfaat dari program dari PT Tenaris.

"Kalau bisa beasiswa itu ditambah lagi, tidak hanya kepada sekolah negri, akan tetapi kepada sekolah swasta yang memiliki prestasi. Program bantuan terhadap masyarakat terlebih dunia pendidikan, merupakan kewajiban kita bersama," tutup Nur.

Lebih baru Lebih lama