Perempuan Hebat itu Ada di Ibu Kita




Batamramah.com, PEREMPUAN adalah ibunya manusia. Peran yang begitu besar pastinya diimbangi dengan potensi dalam dirinya. 


Salah satunya stigma perempuan yang lebih mengedepankan emosi dibanding laki-laki yang cendrung mengedepankan logika. Sehingga dari sisi komunikasi perempuan sangat diunggulkan. 


Lantaran otak perempuan lobus frontal dan korteks limbik cendrung lebih besar ketimbang laki-laki.


Tak heran, begitu pandai kaum hawa ini mengolah antara logika dan emosi dalam problem solving. 


Apakah itu berpengaruh terhadap multitasking? Pastinya iya, perempuan bisa mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan. Mencuci, mengurus anak, memasak, memenej keuangan keluarga, dan seabrek tugas-tugas lainnya. 


Bahkan, sepertinya kita juga harap maklum saat mereka membawa kendaraan, lampu sign ke kanan tapi belok ke kiri.


Begitupun secara kultural-edukatif, ibu adalah pendidik pertama dan utama dalam keluarga. Ibulah yang memainkan peranan penting sebagai pendidik, pembimbing, pembina, dan pembentuk dasar watak, akhlak, dan kepribadian seorang anak.


Multitalenta! Ya, sangat penting seorang ibu untuk menjadi sosok multitasking. Karena ia akan dihadapkan dengan banyak pertanyaan-pertanyaan yang terkadang di luar batas dan itu tidak bisa dijawab dengan asal-asalan. Luar biasa !


Kita lihat Thomas Alva Edision, pada saat itu di sekolah gurunya putus asa dalam mendidiknya. Akan tetapi karena motivasi dan dukungan dari sosok seorang ibunya, Nancy Matthews Elliott, Thomas Alva Edision berhasil menjadi ilmuwan hebat dan terkemuka.


Menyadari pentingnya peran seorang ibu dan tugas-tugas kaum perempuan, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam yang juga Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, selalu meberi motivasi dan terus hadir di tengah-tengah mereka. Lewat kegiatan-kegiatan pembiaan Majelis Taklim, Pembinaan Ahlak Mulia, serta pembinaan kewirausahaan.


Istri Wali Kota Batam/ Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR) itu terus mendorong kemajuan perempuan Kepri dalam banyak bidang. Terlebih meningkatkan ekonomi.


"Para pelaku usaha perempuan harus terus kita dukung dan dorong untuk semakin maju. Karena peran ini ikut memperkuat pondasi ekonomi Kepri," kata Wagub Marlin saat membuka Pelatihan Ketrampilan Tata Boga di Anambas Resort, Tarempa, Kabupaten Anambas, beberapa waktu lalu. 


Lebih baru Lebih lama