Stok Sembako Banyak, Harga Mahal, PKN Batam: Ada Apa?

 


Batamramah.com, Batam - Ketua Pimpinan Cabang (Pimcab) Partai Kebangkitan Nusantara Kota Batam, M. Rizky Aji Perdana heran. Harga beberapa komoditi kebutuhan pokok naik di pasar. Padahal stoknya cukup dan tak sulit didapatkan. 


Hal itu disampaikannya usai menemani keluarga berbelanja di pasar Tiban Centre, Kecamatan Sekupang, Selasa (21/3/2023). Saat berbelanja dia pun berdialog dengan beberapa orang pedagang. 


Menurut pedagang kata Rizky Aji,  pasokan bahan pokok cukup, hanya saja harganya naik. Sehingga mereka kesulitan menjual ke masyarakat.


"Pasokan banyak, tapi harga tetap naik, ini agak aneh, kecuali pasokan yang berkurang atau kosong, bisa jadi harga naik," ujarnya.


Di pasar Tiban Centre, contohnya kata Rizky, harga daging ayam segar harganya belakang mulai naik. Begitu juga cabai merah dan cabai rawit. 


"Menurut pedagang kenaikan ini dari distributor, mereka hanya menjual saja," ungkapnya.



Pedagang sendiri kata Rizky mengeluhkan juga dengan naiknya beberapa komoditi tersebut, karena sulit dijual. 


Namun kata Rizky, naiknya harga sembako jelang bulan Ramadan dan hari-hari besar lainnya memang sudah jadi kebiasaan. Meski demikian pengawasan tentu harus tetap ditingkatkan, baik oleh Disperindag Kota Batam maupun DPRD Kota Batam. 


"Kita minta Komisi II DPRD Batam turun melihat kondisi ini sehingga keluhan ini bisa langsung didengar," sarannya. 


Pemerintah Kota Batam sendiri sudah melakukan antisipasi dengan melakukan operasi pasar murah dan membagikan sembako bersubsidi pada masyarakat.

Lebih baru Lebih lama