BatamRamah.com Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Cakap Literasi Digital, Marlin Ajak Berkarya Sekreatif Mungkin di Medsos tapi Tetap Bijak

 


Batamramah.com, JODOH - Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina mengajak berkarya sekreatif mungkin di media sosial (medsos) tapi harus bijak. Sebab, kehadiran teknologi harus selaras dengan kecakapan masyarakat dalam menggunakannya. 


Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Batam ini, saat memberi sambutan di acara Literasi Digital, di Planet Holiday Hotel Batam, Rabu (15/11/2023). 


"Adanya media sosial mempererat sesama dan menghindari adanya perpecahan, terutama di momen seperti ini sangat rawan, jangan saling fitnah, jangan saling menjatuhkan," ujarnya. 


Marlin menyebut, acara yang juga dihadiri Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR) ini, sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Batam, sebagai bentuk upaya Pemerintah Kota Batam dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat. 


Hal ini, lanjut Marlin, sejalan dengan zaman teknologi yang mengharuskan masyarakat bijak dalam penggunaan teknologi. 


"Zaman teknologi harus disambut dengan baik. Pemerintah memfasilitasi dan sebagai masyarakat harus mempunyai kemauan untuk memahami literasi digital," ucapnya. 


Sekadar diketahui, acara yang digelar pada 15 November dan 28 November 2023 ini, merupakan inisiasi dari Pemko Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam. 


Pada tahap kedua akan diumumkan pemenang dari lomba foto dan video yang telah digelar sejak tanggal 11 Oktober 2023. 


Acara ini dihadiri masyarakat umum dan mahasiswa dari 11 perguruan tinggi yang ada di Kota Batam. Total sekitar 1.200 peserta.


Narasumber yang dihadirkan pun bukan kaleng-kaleng, salah satunya tokoh fotografi papan atas Indonesia, Darwis Triadi.


Tujuannya untuk memberikan edukasi sekaligus meningkatkan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital dengan mengundang dua narasumber nasional. 


"Dengan acara ini diharap seluruh masyarakat bisa memvalidasi informasi yang beredar di media sosial, dan berkarya sekreatif mungkin," ucap Rudi Panjaitan selaku Kepala Diskominfo.