Inovasi BP2RD Kepri, Bayar Pajak Kendaraan Bonus Fuel Card Plus



 Batamramah.com, Batam - Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepri membuat inovasi baru yaitu menciptakan Fuel Card Plus untuk membeli BBM bersubsidi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepri, Diky Wijaya kepada awak media bertempat di Lantai 4, Gedung Graha Kepri, Batam Center, Kamis (02/05/2024).

" Inovasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan potensi penerimaan pajak daerah," ujar Diky.

Dengan Fuel Card Plus ini, pembelian BBM subsidi dari tunai menjadi non tunai, dan berlaku untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Lanjut Diky, Fuel Card Plus ini akan diberikan kepada seluruh Wajib Pajak (WP) saat membayar pajak kendaraan. Rencananya akan Launching pada 1 Juli 2024 mendatang.

"Ketika dia membayar pajak kendaraan baik motor ataupun mobil, akan mendapat Fuel Card Plus," jelas Diky.

Diakuinya, wajib pajak bisa mengisi saldo Fuel Card Plus ini untuk membeli BBM bersubsidi di seluruh Pertamina yang ada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Untuk pelaksanaannya dimulai secara bertahap, yaitu roda empat.

"Pajak bahan bakar kendaraan bermotor itu berdasarkan Undang-Undang nomor 28 tahun 2009 dan UU nomor 1 tahun 2022 adalah undang undang tentang hubungan keuangan pusat dan daerah," kata Diky.

Ia berharap dengan adanya metode digitalisasi ini, akan memudahkan masyarakat ketika membeli BBM. Sehingga tidak lagi menggunakan uang tunai lagi.

"Realisasi Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBB-KB) tahun 2023 cukup besar 400 miliar lebih. Mudah-mudahan dengan adanya ini, bisa makin naik. Karena kita tahu kepatuhan WP masih 45 persen kalau tidak membayar pajak," ungkap Diky.

Diky menilai, Fuel Card Plus ini juga bisa dijadikan apresiasi bagi WP yang taat pajak. Apabila sebelumnya WP malas bayar pajak, dengan mendapatkan kartu manfaat ini akan taat bayar pajak.

" Sedangkan cara untuk mendapatkan kartu fuel card tersebut WP harus bayar pajak dulu. Nanti akan terbit kartunya. Kemudian WP bisa top up saldo. Biaya adm tidak ada," terang Diky.

Kedepan, Fuel Card Plus tersebut bukan hanya sebagai pembelian BBM saja, tetapi bisa juga digunakan untuk bayar parkir dan pihaknya akan bekerjasama dengan beberapa merchandise.

Fuel Card plus ini juga memiliki banyak keuntungan misalnya ketika masuk ke hotel A,B,C atau ke rumah makan atau mungkin ke kafe itu bisa mendapatkan diskon. Serta kelebihannya lagi yaitu fuel card juga akan ada  asuransinya. Bisa juga bayar e.tol. Jadi masyarakat yang taat pajak itu kita akan berikan kami itu dibuat dengan manfaatnya,” tutur Diky.

Lebih baru Lebih lama