Satgas TMMD ke 112 gandeng Dinas Koperasi Beri Penyuluhan kepada Warga

 


Batamramah.com, Batam - Memasuki Hari ke 8 -  Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 112 Kodim 0316/Batam  melaksanakan penyuluhan bagi Warga Kampung Teluk Air Kelurahan Setokok Kecamatan Bulang, Selasa (21/09/21).


Bapak Zulfikar Kepala bidang pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro selaku tim penyuluh dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Batam mengatakan, dalam penyuluhan ini pihaknya menjelaskan berbagai hal dan syarat untuk mendirikan sebuah koperasi bersama. 


" Nantinya untuk akte pendirian koperasi akan diajukan ke pemerintah pusat melalui notaris yang telah ditunjuk. Kalau untuk akte pendirian memang kewenangannya ditarik pemerintah pusat, kita melakukan fungsi kita sebagai pengawas dan penyuluh,”jelas Zulfikar.


Lanjut Zulfikar, adanya program non fisik TMMD tentang penyuluhan koperasi, diharapkan warga akan mendapatkan bantuan permodalan dengan adanya koperasi di desanya kelak. 


Hal ini lebih baik untuk pedagang daripada mengutang kepada rentenir yang membebani bunga cukup tinggi. Kegiatan yang di ikuti rata-rata dari kaum ibu-ibu ini sangat antusias memahami apa yang dikatan penyuluh.


Sementara itu, Kapten Inf TM Tarigan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Zulfikar yang mana telah berkenan memberikan penyuluhan tentang Koperasi di Kampung Teluk Air Kelurahan Setokok Kecamatan Bulang ini.


" Nelayan rumput laut, jika dikel


ola dengan baik maka bisa menghasilkan uang, dan salah satu cara pengelolaan yang baik adalah dengan membentuk kelompok Koperasi yang nantinya bisa meningkatkan taraf hidup warga Kampung Teluk Air Kelurahan Setokok khususnya dan Kecamatan Bulang pada umumnya," ungkap Tarigan.


Setelah penyuluhan UKM dilanjutkan dengan penyuluhan Hukum Disiplin Berlalu Lintas oleh Bripka Firdaus - Polresta Barelang.

Lebih baru Lebih lama