CSL : Sebanyak 75 Ribu BUMDes Perlu Penguatan Modal dan Pembinaan


 

Batamramah.com, Bintan - Sebanyak 75 ribuan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Indonesia perlu penguatan pembinaan dan dukungan modal agar BUMDes yang didirikan pemerintahan desa itu bisa maju dan memberikan manfaat bagi masyarakat.Selain itu juga dapat segera memberi kontribusi terhadap pendapatan asli desa (PADes). 

Demikian ungkap Anggota DPR RI Komisi V Cen Sui Lan saat memberikan pengarahan pada acara sarasehan peringatan Hari BUMDes Tingkat Nasional tahun 2023 di Bintan Agro Beach Resort kawasan pantai Trikora, Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (01/02/2023).

”Keberadaan 75.000-an BUMDes seluruh Indonesia, harus perlu penguatan. Baik dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), maupun dukungan dari Kemendes PDTT yang merupakan trigger (pemicu)," ungkap Legislator Fraksi Golkar yang dekat dengan kalangan bawah ini.

Kemudian, BUMDes juga harus disupport oleh pemerintah daerah. Baik pemerintah provinsi dan kabupaten, maupun dari perusahaan yang memberikan CSR kepada BUMDes. 

Lanjut Cen, BUMDes itu juga perlu penguatan modal dan pelatihan bagi SDM yang ada di BUMDes itu sendiri. Agar lebih maju dan mandiri.

" Dengan BUMDes yang lebih baik dan maju, maka perekonomian Indonesia akan lebih cepat maju pula," tutur Cen Sui Lan.

Sekarang ini, papar Cen sekitar 40 persen BUMDes di Indonesia perlu pembinaan dan bimbingan (pelatihan). Jika penguatan modal dan pembinaan dilakukan lebih maksimal, 75.000-an BUMDes bisa berkembang dengan baik, dan perekonomian desa juga dapat berkembang.

“Sehingga, disparitas desa-desa kita dapat kita atasi. Saya harap, perusahaan-perusahaan BUMN dan koorporasi dalam menyalurkan CSR-nya dapat merata di seluruh Indoensia,” terang Cen Sui Lan.

Sarasehan tentang penguatan BUMDes pada peringatan Hari BUMDes 2023 Tingkat Nasional ini diinisiasi Kementerian Desa dan PDTT RI, dan diikuti 1.000 peserta.

Peserta ini berasal para pejabat Eselon 1 dan 2 di lingkungan Kemendes PDTT, Kepala Dinas PMD provinsi se-Indonesia, Kepala Dinas PMD kabupaten se-Indonesia, para Direktur BUMDes mandiri se-Indonesia.

Lebih baru Lebih lama