Sambut Ramadan, Sekolah Islam Hang Tuah Gelar Tahib Ramadan Bagi Siswa



Batamramah.com, Batam - Sekolah Islam Hang Tuah Batam menggelar acara manajeman spiritual siswa Tahib Ramadan bertempat di Gedung Olahraga Sekolah, Rabu (22/03/2023) pagi.


Kegiatan ini merupakan tradisi untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah yang diadakan rutin setiap tahunnya dilakukan pihak sekolah bersama para siswa.


Kepala Sekolah SD Islam Hang Tuah, Yenti Spd mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan awal dalam menyambut bulan penuh berkah tersebut. 


Para siswa sangat bergembira dan antusias mengikuti kegiatan ini. Mulai dari siswa TK hingga SMA menunjukan talenta.


Menurut Yenti, tarhib ramadhan bertujuan untuk membekali siswa dalam persiapan menyambut kedatangan bulan suci Ramadan 1443 Hijriah. Sesuai dengan pengertian Tarhib Ramadhan yang berarti menyambut kedatangan bulan Ramadan dengan segala kesiapan, keluasaan, kelapangan, keterbukaan dan kelebaran yang dimiliki, baik materil maupun spiritual, jiwa dan raga serta segala apa yang ada dalam diri kita. 



"Kegiatan dalam tarhib ramadhan ini diawali dengan solawat, membaca ayat ayat pendek, kemudian mendengarkan ceramah oleh Ustadz Dr Zaenal Satiawan, LC MA. Alhamdulillah anak-anak antusias untuk mengikutinya materi fiqih tentang puasa  yang disampaikan,” ujar Yenti.


Ia berharap setelah mengikuti kegiatan ini peserta didik benar-benar siap dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadan khususnya dalam menjalankan ibadah puasa dan amalan-amalan lainnya sehingga memperbanyak ibadah dan mendapatkan berkah dari Nya. 


"Selain tarhib Ramadhan atau tradisi menyambut bulan suci Ramadan yang saat ini sedang dilaksanakan, kami juga nantinya akan melaksanakan kegiatan sebar takjil, kado ramadan dan zakat fitrah," tutur Yenti.


Diakhir kegiatan para guru beserta wali murid dan siswa makan bersama.

Lebih baru Lebih lama