Sebanyak 60 orang PPK se-Kota Batam Resmi Dilantik dan Diambil Sumpah


 

Batamramah.com, Batam - Sebanyak 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kota Batam secara resmi di lantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam bertempat di Hotel Harmoni One Lantai 3, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (16/5/2024) pagi. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Mawardi mengatakan dari hasil tes dan seleksi ada 60 anggota PPK yang tersebar di 12 kecamatan se Kota Batam resmi sebagai penyelenggara Pilkada 2024. Setiap kecamatan terdiri dari 5 PPK.

Mawardi  menuturkan momentum ini merupakan titik awal dalam badan Ad Hoc sesuai PKPU Nomor 8 Tahun 2022. 


“Selamat kepada PPK kecamatan yang baru saja dilantik. Tahapan-tahapan Pilkada akan kita laksanakan dengan waktu yang singkat,” ujar Mawardi dalam kata sambutannya.

Mawardi juga meminta anggota PPK untuk sesegera mungkin melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kecamatan dan Polsek terdekat. 

" Ini penting untuk menjaga sinergitas yang sudah dilaksanakan dalam Pileg dan Pilpres lalu. Sehingga bisa saling berkoordinasi menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024," ucap Mawardi.

Kedua, lanjut Mawardi, tahapan pilkada sudah dimulai. Hal yang paling krusial adalah pemuktahiran data dan penyusunan daftar pemilih. 

“Tahapan dan jadwal pemilihan kepala daerah akan dimulai di awal Juli. Oleh karena itu, saya mohon sesegera mungkin berkomunikasi dengan pemerintah setempat,” tegas Mawardi.

Mawardi menambahkan PPK yang dilantik 60 persen yang pernah bekerja di Pileg dan Pilpres. Dan PPK yang baru saja bergabung segera menyesuaikan diri. 


“Ini tugas berat yang harus kita sesuaikan bersama. Mari sukseskan pemilu ini,” terang Mawardi.

Sedangkan Asisten 3 Administrasi Umum Pemko Batam, Heriman mengucapkan selamat kepada PPK yang dilantik. PPK memiliki tugas dan amanah yang cukup berat demi menyukseskan tahapan Pilkada.

“Pelaksanaan Pileg dan Pilpers di Batam telah berjalan dengan sukses mari kita tepuk tangan untuk kita semua,” pria yang mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi ini.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Barelang Kompol Z.A Cristoper Tamba mewakili Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto mengatakan Polresta Barelang siap membantu mengamankan apa yang menjadi agenda Nasional. 

Pengalaman di Pilpres dan Pileg, sambung Tamba, ada 8 Pemilihan Suara Lanjutan (PSL) dikarenakan tidak lengkap dan 1 Pemilihan Suara Ulang (PSU). Dari pengalaman tersebut pastinya akan ada evaluasi dari KPU ataupun PPK kecamatan. 

" Kita siap membackup pelaksanaan tersebut dan juga tetap berkoordinasi terutama melibatkan Linmas dan berapa anggota dari kepolisian yang akan diturunkan ," jelas Tamba.

Sebelumnya, ada 112 orang yang tercatat sebagai calon anggota PPK. Namun, setelah melalui sejumlah rangkaian dan tahapan seleksi, akhirnya 60 orang yang terpilih menjadi anggota PPK. Dan untuk yang tidak terpilih, dimasukkan dalam dalam daftar pengganti.


Artinya, suatu saat jika ada anggota PPK yang mundur ataupun satu dan lain hal, maka diganti oleh anggota pengganti.

Mawardi mengatakan, pelaksanaan rekrutmen calon anggota PPK untuk Pilkada serentak 2024 ini telah dilaksanakan sejak 11 Mei sampai 13 Mei 2024 lalu. Dan untuk proses rekrutmennya dilaksanakan di Kantor KPU Batam di Sekupang.

Ia menambahkan, usai mengikuti pelantikan itu, anggota PPK yang sudah dilantik juga akan mengikuti bimbingan teknis.

“Nanti ada juga penandatanganan pakta integritas para anggota PPK,” tutur Mawardi.

Lebih baru Lebih lama