BatamRamah.com Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Polda Metro Ungkap Pemicu Massa Pemuda Pancasila Keroyok AKBP Dermawan

 


Batamramah.com, Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali dikeroyok massa ormas Pemuda Pancasila (PP). Pengeroyokan terjadi saat AKBP Dermawan mengamankan demo massa Pemuda Pancasila di depan gedung DPR-MPR, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat.


Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan pengeroyokan terhadap AKBP Dermawan Karosekali terjadi saat perwira polisi itu mencoba menahan massa Pemuda Pancasila yang memaksa masuk gedung DPR.


"Mereka mencoba memaksa masuk ke dalam (gedung DPR). Melihat ada anggota polisi yang berjaga langsung menyerang," kata Zulpan di kompleks DPR, Kamis (25/11/2021).


Zulpan mengatakan, polisi masih melakukan pendalaman lebih lanjut terkait penyebab AKBP Dermawan Karosekali dikeroyok massa Pemuda Pancasila.


"Nanti akan kita dalami (penyebab AKBP Dermawan Karosekali dikeroyok). Tentunya ini kan gedung dewan kan ada etika. Kemudian dalam rangka penyampaian aspirasi juga akan diakomodir setelah dikoordinasikan dengan pihak dalam. Tak bisa semaunya," ujar Zulpan.


15 Orang Jadi Tersangka


Pascademo ricuh itu, polisi mengamankan puluhan anggota Pemuda Pancasila. Lima belas di antaranya ditetapkan sebagai tersangka karena membawa senjata tajam dan ditahan.


"Dalam kegiatan demo tadi kita amankan 15 orang tersangka. Sudah ditetapkan tersangka, sudah diperiksa tadi di awal," kata Zulpan di Mapolda Metro Jaya.


Zulpan mengatakan dari pemeriksaan awal 15 anggota Pemuda Pancasila itu ditetapkan tersangka karena membawa senjata tajam saat demo Junimart Girsang di DPR. Dalam UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang Penyampaian Pendapat di Muka Umum, jelas dituangkan larangan membawa benda terlarang saat demonstrasi.


"Semua membawa senjata tajam. Ini senjata tajam yang sebenarnya tidak perlu dibawa karena membahayakan orang lain," ujar Zulpan.


Polisi menggelar barang bukti dalam jumpa pers ini. Barang bukti tersebut di antaranya sejumlah atribut hingga bendera Pemuda Pancasila.


Ada juga sejumlah senjata tajam seperti badik, pisau dan belati yang diamankan polisi dari ormas Pemuda Pancasila. Polisi juga menyita dua butir peluru tongkat besi yang dibawa massa.


(dekk)


sumber: detik.com

www.BatamRamah.com/