BatamRamah.com Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pedagang Kecil Tolak Reuni 212: Ekonomi Mulai Pulih, Jangan Berkerumun Lagi

 


Batamramah.com, Reuni 212 direncanakan akan berlangsung pada 2 Desember mendatang. Sejumlah warga hingga pedagang ikan di Muara Angke, Penjaringan Jakarta Utara, menolak acara ini.


Beberapa pedagang mengaku menolak seruan untuk mengikuti Reuni 212. Hal ini dikarenakan kondisi ekonomi yang dinilai mulai membaik.


Sehingga acara dikhawatirkan akan membuat angka Covid-19 kembali naik serta berdampak pada pedagang kecil dan menengah.


Salah seorang pedagang makanan, Dahlan (40) mengaku tak setuju dengan acara yang dapat menimbulkan kerumunan. Dia mengaku takut bila kondisi pandemi kembali memburuk.


"Kalau saya nggak setuju, takutnya kan pandemi muncul lagi, jadi memburuk lagi. Kalau ibaratnya kaya kemarin kan nggak bisa apa-apa. Pandemi kan belum lega atau tuntas kan harus hati-hati jaga jarak, kalau bisa ya jangan," ujar Dahlan, Senin (29/11/2021).


Dahlan mengaku saat ini kondisi ekonominya mulai membaik. Situasi ini berbeda dari tahun 2019-2020 saat pandemi di Indonesia meningkat.


"Ada peningkatan, Alhamdulilah lah daripada tahun kemarin yang 2019-2020," kata Dahlan.


Senada dengan Dahlan, pedagang Rahmat (39) juga mengatakan penghasilan warungnya mulai bertambah. Sebelumnya dia mengaku hanya mendapatkan penghasilan 10 ribu, namun saat ini dapat menghasilkan 200 hingga 300 ribu rupiah.


"Alhamdulillah saat ini sudah ramai, kemarin saat pandemi sepi pembeli, para nelayan juga pulang kosong nggak dapat penghasilan. Sekarang ini alhamdulillah ada peningkatan, dari yang biasanya dapat 10 ribu, sekarang 200-300 ribu alhamdulillah. Jadi semoga nggak ada lagi covid-covid," kata Rahmat.


Dia juga mengingatkan untuk tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Serta tetap menjaga masker dan menjaga jarak.


"Insyallah saling mengingatkan, harus pakai masker jangan dilepas, yang itu jangan sampai banyak berkerumun lah," tuturnya.


Diketahui, Reuni 212 akan diselenggarakan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat (Jabar), pada awal Desember nanti.


"Setelah mendengar masukan dari para Ulama dan Tokoh 212 serta paparan dari pihak lainnya, maka panitia Reuni Akbar 212 memutuskan : Pelaksanaan Reuni 212 Tahun akan diadakan secara terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat, sekaligus doa bersama untuk Almarhum Ust Ameer Azzikra putra alm KH M Arifin Ilham, dan disiarkan secara virtual dan live streaming," bunyi keterangan tertulis yang diterima, Senin (29/11/2021).


Keterangan tertulis itu disampaikan oleh Steering Committee Reuni 212, Slamet Ma'arif. Seluruh peserta reuni diminta menjaga prokes.


Slamet menyampaikan keputusan ini dibuat setelah mendengarkan saran dari beberapa pihak. Sebelumnya, panitia 212 juga sudah berkomunikasi dengan sejumlah pihak agar Reuni 212 bisa digelar di bundaran patung kuda, Jakarta Pusat.


(dekk)


sumber: detik.com

www.BatamRamah.com/